• Headlines News :

    Cerita Motivasi: Pembuat Gentong dan Penjual Daging


    Di suatu perkampungan hiduplah dua orang yang berbeda pekerjaannya, yang pertama sebagai pembuat gentong, dan yang Iain sebagai penjual daging. Mereka adalah tetangga dekat. Rumah mereka dipisah oleh jalan desa yang tidak terlalu lebar, hanya cukup untuk simpangan dua mobil yang berlawanan. Kedua orang itu memiliki sifat yang berbeda. Si pembuat gentong, walaupun hidupnya berkecukupan, namun suka menolong, ramah, dan rendah hati. Sedangkan si penjual daging adalah orang yang kaya, namun kikir lagi sombong. la suka memamerkan hartanya. Maka tidaklah mengherankan jika seluruh warga desa itu sangat menyukai pembuat gentong. Sebaliknya, mereka tidak menyukai penjual daging.

    Setiap hari banyak warga yang datang ke rumah pembuat gentong dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang datang dengan tujuan untuk minta tolong dan ada juga hanya sekedar silaturahmi biasa. Setiap tamu yang datang ke rumahnya selalu disambut dengan hangat, diberinya hidangan ala kadarnya. la tidak membeda-bedakan siapa pun yang datang ke rumahnya, termasuk para peminta-minta. la tidak pernah mengusir para peminta yang datang ke rumahnya. Ia tidak melihat kaya miskin, rakyat atau pejabat, semua dianggap sama sebagai tamu yang wajib dihormati.

    Keadaan ini membuat penjual daging heran, mengapa seluruh warga sangat menghormati pembuat gentong. Mengapa mereka tidak hormat kepadaku yang lebih kaya. Dari situlah muncul niat jahatnya untuk menganiaya pembuat gentong. Penjual daging yang sebelumnya baik kepada pembuat gentong menjadi benci kepadanya. Maka untuk melaksanakan niatnya, penjual daging menyuruh tiga orang laki-laki pembunuh bayaran untuk menculik pembuat gentong.

    Pada suatu malam ketika pembuat gentong sedang tidur nyenyak, tiba-tiba -datanglah tiga-orang yang berpakaian hitam dan memakai penutup kepala. Ketiga orang tersebut berusaha masuk rumah pembuat gentong. Begitu mendengar langkah kaki manusia, pembuat gentong terbangun. Kemudian ia Iangsung keluar rumah dan bertemu dengan ketiga orang Iaki-laki tersebut.

    “Siapakah kamu dan apakah tujuanmu datang ke rumahku?” tanya pembuat gentong. Salah satu dari mereka menjawab, “Kami bertiga ingin menculikmu.” Pembuat gentong bertanya Iagi, “Siapa yang menyuruhmu?” Mereka tidak menjawab dan Iangsung menangkap pembuat gentong. Dengan sigap pembuat gentong melakukan perlawanan. Perkelahian antara pembuat gentong dengan ketiga orang Iaki-laki itu pun tak terhindarkan. Ternyata pembuat gentong itu adalah seorang pesilat. Ia dengan mudah dapat mengalahkan penjahat itu satu per satu.

    Mereka bertiga bertekuk Iutut di hadapan pembuat gentong. Mereka mengakui kalau disuruh oleh penjual daging yang tidak lain adalah tetangganya sendiri. Ternyata, ketiga penjahat tadi adalah adik seperguruan pembuat gentong. Dulu, pembuat gentong pada waktu mudanya pernah belajar silat pada sebuah perguruan silat, Pagar Diri namanya. Bahkan ia pernah dipercaya oleh gurunya untuk melatih murid-murid baru. Kemudian setelah dirasa cukup, ia kembali ke kampungnya untuk mengabdikan ilmunya di masyarakat. la bekerja sebagai pembuat gentong adalah melanjutkan usaha yang telah lama dirintis oleh kedua orang tuanya.

    Pembuat gentong sangat menyesal, mengapa adik seperguruannya terlibat dalam tindak kejahatan, bukannya membela kebenaran dan keadilan sebagaimana dijanjikan dulu saat lulus dari perguruan silat tersebut. Ketiga penjahat tadi diajak masuk ke rumah, lalu diberinya makan dan minum serta diberi nasihat agar kembali ke jalan yang benar. Akhirnya ketiga orang laki-laki itu sadar kembali dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan jahatnya lagi.

    Keesokan harinya, penjual daging terkejut ketika melihat pembuat gentong sedang bekerja di sebuah gudang kecil miliknya yang berada di samping rumahnya. Dalam hati ia berkata, "Bukankah tadi malam ia sudah diculik? Mengapa dia masih ada di rumah dan sedang bekerja, jangan-jangan ketiga penjahat itu telah mengkhianatiku. Atau mereka kalah berkelahi dengan pembuat gentong.” Para penjahat itu tidak memberitahu penjual daging kalau usahanya gagal, padahal mereka telah dibayar mahal untuk menculik pembuatggentong tersebut.

    Tiba-tiba kepala penjual daging itu terasa pusing, badannya lemas dan akhirnya terjatuh tak sadarkan diri. la terbangun ketika sudah ada di rumah sakit. Menurut dokter -penyakit jantungnya kambuh. Ia harus dirawat di rumah sakit selama satu bulan. Dokter menasihati untuk banyak istirahat dan tidak boleh banyak pikiran. Begitu mendengar tetangganya sakit, pembuat gentong langsung menjenguknya, bahkan ia adalah orang yang pertama kali menjenguknya. Setelah sampai di depan pintu kamar penjual daging dirawat, pembuat gentong mengetuk pintu tiga kali. Setelah dipersilahkan -masuk, pembuat gentong dan istrinya pun masuk kamar pérawatan. Di dalam ruang tersebut, penjual daging ditemani suami dan kedua anaknya. Begitu melihat pembuat gentong menjenguk dirinya, ia dan keluarganya terkejut bukan main, sebab orang yang selama ini dibuatnya sakit dan menderita begitu baik. Bahkan ia pun tidak bisa menyembunyikan penyesalannya Penjual daging itu Iangsung menangis dan meminta maaf.

    Penjual daging akhirnya sadar kalau perbuatannya selamaini tidak benar. Sejak saat itu, penjual daging menjadi orang yang baik, suka menolong, rendah hati. Sebagian hartanya ia sumbangkan untuk kepentingan umum seperti pembangunan gedung sekolah, pembangunan jalan, dan panti asuhan. Semua warga masyarakat pun senang dan hormat kepada penjual daging dan keluarganya.

    Kumpulan Cerita : Cerita Anak | Cerita Dongeng | Cerita Rakyat
    Share dulu ya :
    Anda sedang membaca info Cerita Motivasi: Pembuat Gentong dan Penjual Daging, anda bisa menemukan Cerita Motivasi: Pembuat Gentong dan Penjual Daging ini dengan url http://puisi-moe.blogspot.com/2013/12/cerita-motivasi-pembuat-gentong-dan.html, semoga info Cerita Motivasi: Pembuat Gentong dan Penjual Daging bermanfaat

    1 komentar:

    Yunnishella mengatakan...

    permisi kakak2 numpang promo ya
    yang suka main poker dan domino online, mari gabung di sini bersama kami di www.saranapelangi.com. kini hadir dengan 7 permainan yang dapat dimainkan dalam 1 website. dapatkan jackpot hingga ratusan juta setiap harinya. gak mau kalah teruskan main poker dan domino online ? ayo buruan gabung bersama kami di www.saranapelangi.com

    Saranapelangi.com adalah satu - satunya Website Dengan Player VS Player Tanpa Menggunakan Bot (tanpa ROBOT) 100% Fair Play!!!

    Hot Promo Dari SaranaPelangi!!!
    *Bonus Rollingan Sebesar 0,5%
    *Bonus Refrensi Sebesar 20%

    Tunggu Apalagi?!, Ayo Gabung Dan Main Bersama Kami!!!


    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di www.saranapelangi.com atau melalui android kami.

    - BBM : 2B47BB9C
    - CALL : +855964972098
    - WEECHAT : saranapelangi
    - SKYPE : saranapelangi
    - EMAIL : saranapelangi99@yahoo.com
    - FACEBOOK : saranapelangi99@yahoo.com

    WWW.SARANAPELANGI.COM

    Posting Komentar